Rabu, 19 Maret 2014

Menganalisa Bentuk Komunikasi Eksternal PT. Panasonic Gobel Indonesia



SEJARAH PERUSAHAAN

Melalui brand-nya yang dikenal secara umum dengan nama Panasonic, Panasonic Corporation yang berpusat di Osaka, Jepang ini, merupakan manufaktur kelas dunia di bidang produk elektronik, khususnya untuk kebutuhan konsumen awam, bisnis dan industri .

 Di Asia Pasifik, Panasonic muncul pertama kalinya dengan mendirikan pabrik pertamanya di Thailand pada tahun 1961. Beberapa tahun berikutnya, operasi Panasonic di kawasan ini pun berkembang. Saat ini operasinya ada di 9 negara (termasuk Indonesia) dengan total 75 perusahaan yang mempekerjakan lebih dari 82,000 orang dan mencapai total penjualan sebesar 9,457 juta US Dollar untuk tahun fiskal 2005, atau sama dengan 26% dari total penjualan luar negeri Panasonic Corporation. 

Di Indonesia sendiri, Panasonic memiliki sejarah yang sangat panjang dan melekat di hati semua rakyat Indonesia. Dimulai dengan kehadiran radio ‘tjawang’ oleh Almarhum Drs. H. Thayeb Moh. Gobel pada tahun 1954, TV pertama di tahun 1962, hadirnya brand National di tahun 1970, sampai pada akhirnya mengganti nama National dan menggunakan nama Panasonic di tahun 2004. Sampai saat ini Panasonic di Indonesia tetap merupakan brand elektronik yang paling terkemuka dengan sederet produknya yang inovatif, mulai dari TV plasma, Kamera, AC, Kulkas, Mesin Cuci, dan lainnya. 

Perusahaan ini terbentuk oleh dasar filosofi yang diterapkan oleh kedua penemunya, Almarhum Drs. Thayeb Moh Gobel dan Konosuke Matsushita. Almarhum Drs. Thayeb Moh Gobel memiliki filosofi “pohon Pisang “ sementara Konosuke Matsushita dikenal dengan filosofi “ air mengalir”. Hingga saat ini kedua filosofi bersatu dan membentuk suatu sinergi yang luar biasa dalam membangun bisnis Panasonic di Indonesia. Almarhum Gobel percaya bahwa pohon pisang adalah simbol yang paling tepat untuk menggambarkan peran dari sebuah perusahaan di tengah masyarakat. Tidak ada bagian dari pohon pisang yang tidak dapat digunakan, sifat dari pohon pisang yang dapat tumbuh dimana saja menjadikannya selalu tersedia dimanapun, dan regenerasinya pun sangat mudah. Bagi Matsushita sendiri, air merupakan hal yang sangat krusial untuk kelangsungan hidup manusia. Seperti halnya air yang mengalir, produk elektronik pun seharusnya mudah tersedia dengan harga yang terjangkau untuk kebutuhan masyarakat banyak. Sinergi dari kedua filosofi inilah yang membentuk produk-produk Panasonic yang berkualitas hingga saat ini.

 Perjalanan Panasonicdi Indonesia, dimulai dari tahun1954, Drs. H.Thayeb Moh. Gobel mendirikan PT. Transistor Radio Manufacturing di Cawang, Jakarta yang menjadi pelopor dari pabrik transistor radio yang disebut dengan “Tjawang”. Pada tahun 1957 Drs. Thayeb Gobel menerimabeasiswa Colombo Plan untuk melanjutkan studi ke Jepang dimana ia bertemu dengan Mr. Konosuke Matsushita, pendiri dari Matsushita Electric Industri Co., Ltd. Pada tahun 1960 dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama teknikal antara PT. Transistor Radio Manufacturing dan Matsushita Electric Industrial Co., Ltd (Jepang). Pada tahun 1962 mereka memproduksi televisi tanpa warna pertama di Indonesia, pada tahun 1970 mendirikan PT. National Gobel (perangkat elektronik rumah tangga), pada tahun 1974 mendirikan PT.Met Gobel mendirikan pabrik lokal yang menunjang aktifitas perdagangan dan produk-produk impor dari matsushita ke Indonesia, mengimpor produk elektronik yang tidak diproduksi oleh PT. National Gobel.



PROFIL PERUSAHAAN
Nama Perusahaan

PT. Panasonic Gobel Indonesia

Alamat terdaftar

Jl. Dewi Sartika 14 Cawang,
Jakarta 13630 Indonesia
Telephone: (+62-21) 8090108, 8015710 Fax: (+62-21) 8015706, 80882620

Presiden Direktur

Ichiro Suganuma

Tanggal Pendirian

1970 – PT. National Gobel
1991 – PT. National Panasonic Gobel
2004 – PT Panasonic Gobel Indonesia .

Kegiatan Bisnis

PT. Panasonic Gobel Indonesia (PGI) melakukan kegiatan penjualan dan purna jual kepada para konsumen di Indonesia. Konsentrasi PGI terletak pada produk-produk ‘consumer electronic’ yang terdiri dari 2 kategori besar, yaitu Digital AV dan Home Appliances.

Visi

Melalui kegiatan usaha kami, kami di Panasonic telah lama menanamkan “DNA elektronik konsumen.” Dengan menjadikan DNA ini sebagai pusat dari seluruh kegiatan kami dan memajukannya, kami bertujuan terus memberikan “kehidupan yang lebih baik” bagi pelanggan kami di berbagai ruang dan area dimana pelanggan tinggal, seperti di rumah mereka, masyarakat, bisnis, perjalanan, dan kendaraan.

Empat perusahaan kami, “Appliances Company,” “Eco Solutions Company,” “AVC Networks Company,” dan “Automotive & Industrial Systems Company,” akan memainkan peran sentral dalam ketepatan menangani “industri” yang berkaitan erat dengan ruang individu, dan kami akan membangun kemitraan dengan pemain utama dalam bidang industri individu.

Dengan bekerja sama dengan mitra bisnis kami, kami akan secara aktif menyuguhkan produk dan layanan, yang merealisasikan nilai pelanggan baru. Dan dengan meningkatkan keahlian semacam ini untuk membuat proposal baru, kami ingin hadir dengan inovasi baru dalam elektronik konsumen.

Panasonic akan memberikan kontribusi dalam mewujudkan “Kehidupan Yang Lebih Baik Dunia Yang Lebih Baik” bagi setiap pelanggan kami. 


Misi 

"Mengingat tanggung jawab kami sebagai industrialis, kami akan mengabdikan diri demi kemajuan dan perkembangan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan usaha kami, dengan meningkatkan kualitas hidup di seluruh dunia.“
Tujuan Dasar Manajemen Panasonic Corporation, dirumuskan pada tahun 1929 oleh pendirinya, Konosuke Matsushita.
Tujuan Dasar Manajemen ini adalah filosofi usaha Panasonic yang mewujudkan misi dan pengabdian kami demi kemajuan masyarakat dan kesejahteraan manusia di seluruh dunia melalui kegiatan usaha kami.

Filosofi Perusahaan

Kemajuan dan perkembangan dapat diwujudkan hanya melalui usaha bersama dan kerja sama dari setiap karyawan perusahaan kami. Dengan menyatukan semangat, kami berjanji untuk menjalankan tugas-tugas perusahaan dengan penuh dedikasi, ketekunan dan integritas.

Tujuh Prinsip

"Tujuh Prinsip" ini adalah prinsip yang menjadi pedoman kami dalam menegakkan dan menerapkan FIlosofi Dasar Bisnis.

Kontribusi terhadap Masyarakat
Keadilan dan Kejujuran
Kerja sama dan Semangat Tim
Upaya Perbaikan Tanpa Kenal Lelah
Kesopanan dan Kerendahan Hati
Kemampuan Beradaptasi
Rasa Terima Kasih 



Analisa Bentuk Komunikasi External PT. Panasonic Gobel Indonesia
-      

  •   Langganan
PT. Panasonic memberikan layanan operator untuk memudahkan konsumen bertanya mengenai produk baru dan promosi yang dilakukan perusahaan. Perusahaan juga dapat mengetahui data konsumen serta memberikan informasi langsung kepada pelanggan mengenai promo yang sedang dilakukan. PT. Panasonic terus memberikan inovasi terhadap produknya serta mutu produk yang tetap berkualitas tinggi.


  • Masyarakat Luas
PT. Panasonic harus menjalin komunikasi yang baik kepada masyarakat sekitar perusahaan untuk proses kelancaran produksi dengan memberitahu kepada masyarakat sekitar bahwa perusahaan tersebut bergerak dibidang elektronik dan mempunyai akta pendirian perusahaan secara hukum/sah.


  • Pemerintah
PT. Panasonic wajib mematuhi peraturan pemerintah seperti : membayar pajak perusahaan. Perusahaan juga harus memperhatikan lingkungan untuk tidak membuang limbah pabrik sembarangan dengan membuat tempat khusus pembuangan limbah tersendiri.


  • Kepada Pihak lain secara khusus
PT. Panasonic adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Elektronik. Perusahaan tersebut sudah banyak melakukan bisnis kepada pihak asing maupun dalam negeri, khususnya kepada pihak seperti : Rumah Tangga, Rumah Sakit, Perkantoran, dan Perumahan.





Sumber :